Senin, 01 Agustus 2011

Tips Menjaga Kesehatan Ketika Berpuasa

Sungguh rugi bila kaum Muslimin membiarkan bulan Ramadhan berlalu begitu saja dan tidak memanfaatkannya sebagai media untuk beribadah sebaik-baiknya. Apalagi kalau seorang muslim malah menyibukan dirinya sendiri dengan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan ibadah hingga 10 hari terakhir Ramadhan.

10 hari terakhir adalah waktunya umat Islam mengharap berkah dan ampunan sebanyak-banyaknya terutama pada malam istimewa yang disebut lailatul qadar. Yaitu malam utama dan lebih mulia dari malam seribu bulan. Maka, perbanyaklah ibadah di malam penuh kemuliaan itu dan hindari kegiatan yang tidak perlu dan tidak ada kaitannya dengan ibadah.

Terkait dengan optimalisasi ibadah di bulan Ramadhan, upaya menjaga kesehatan merupakan hal yang mutlak
perlu. Kondisikanlah fisik kita untuk siap melalui bulan Ramadhan hingga sepuluh hari terakhir. Kuncinya adalah dengan mengatur pola aktivitas maupun pola makan dan minum (asupan gizi) ketika berpuasa. berikut adalah tips dari penulis.

Pola konsumsi sangatlah penting dan cukup menentukan kesehatan seorang muslim ketika ia berpuasa. Mengingat ketika kita berpuasa selama lebih dari 12 jam kita tidak mengkonsumsi apapun. Maka sangat disarankan bagi kita selaku umat muslim untuk meniru pola makan Rasulullah SAW selama menjalankan ibadah puasa. Selain tidak makan dan minum secara berlebih-lebihan, saat Ramadhan asupan pola makan Rasulullah 50 %-nya didominasi karbohidrat sebagai sumber energi. Sedangkan, 20 % terdiri dari protein dan 20 % lainnya adalah vitamin dan mineral. Sisanya 10 % adalah lemak sebagai cadangan sumber energi. Kemudian tidak lupa dianjurkan mengkonsumsi buah-buahan untuk memperbanyak serat.

Dianjurkan sesuai sunah yaitu kurma. Mengapa harus kurma? Karena buah kurma mengandung zat glukosa yang sangat tinggi. Glukosa ini penting, karena sangat mudah diserap tubuh untuk diolah menjadi energi dan bahan bakar bagi kinerja otak. Jadi bagi orang yang masih beraktivitas kerja selama bulan puasa sangat penting untuk mengkonsumsi glukosa, kecuali yang menderita diabetes.

Jangan lupa mengkonsumsi air minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Sebelum berpuasa dianjurkan untuk menjaga konsumsi air 1.800 hingga 2.000 ml (dua liter) air setiap hari. Takaran ini adalah standar ketersediaan cairan tubuh untuk menghindari dehidrasi ketika berpuasa.

Begitu masuk waktu Maghrib, sebaiknya segera berbuka  seperti dinyatakan oleh Rasulullah SAW, bahwa seorang Muslim senantiasa dalam kebaikan bila menyegerakan berbuka (HR Bukhari dan Muslim). Dan diusahakan mengkonsumsi makanan tidak lebih dari jam delapan malam. Karena masa waktu 14 jam adalah waktu standar tubuh untuk berhenti mengkonsumsi asupan makanan. Kemudian beberapa saat setelah berbuka sangat tidak dibenarkan meminum kopi dan merokok. Ini dikarenakan pada saat berbuka tubuh kembali menyerap zat yang telah hilang dari makanan berbuka selama berpuasa. Apabila berbuka langsung dilanjutkan dengan minum kopi dan merokok, maka tubuh akan menyerap kafein dan racun dari zat yang berasal dari kopi dan rokok tersebut. Ini sangat tidak baik bagi kesehatan.

Penulis juga mengingatkan pentingnya mengakhirkan waktu sahur, ini bertujuan untuk menjaga jeda waktu konsumsi tubuh dari asupan makanan yang distandarkan tidak lebih dari 14 jam. Selain itu mengakhirkan sahur sangat baik untuk menghidari dari kebiasaan langsung tertidur setelah sahur. Kebiasaan tidur setelah sahur itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Karena setelah makan sahur pembuluh darah bekerja dan pencernaan makanan untuk mengolah menjadi energi, masih bekerja. Ketika setelah sahur dilanjutkan dengan tidur, maka kerja pencernaan untuk mengolah menjadi energi tidak bekerja dengan sempurna.

Penulis juga ingin mengingatkan walaupun berpuasa pasti kita masih disibukkan oleh aktivitas sehari-hari. Tapi ingat hindarilah kegiatan yang menguras energi secara berlebihan. Hindari segala aktivitas yang tidak perlu. Tujuannya juga agar keseimbangan anatara apa yang dikonsumsi selama sahur setara dengan aktivitas dikeluarkan selama berpuasa.

Untuk semua yang membaca penulis ucapkan terimakasih....! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu agar blog Arsip Ijhall37 dapat lebih baik lagi dan lebih bersemagat dalam berbagi wawasan , namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam....