Selasa, 19 Februari 2013

Cool Edit Pro’s Multitrack View Screen



Pada dasarnya tampilan Multitrack View Screen terdiri atas bagian-bagian yang mempunyai fungsi relatif sama seperti pada tampilan Edit View Screen. Perbedaan yang mendasar adalah pada tampilan gelombang (wave display), yaitu pada multitrack view  berupa banyak track (disebut session), sedangkan pada edit
view hanya satu track, serta pada multi track mempunyai kotak track control.
Tampilan multitrack dapat digunakan untuk record dan play. Tampilan multitrack juga dapat digunakan untuk editing, akan tetapi sebatas memotong dan menghapus file. Proses edit inipun tidak bersifat tetap. Hal ini karena secara prinsip tampilan multitrack digunakan untuk proses mixing. File yang disimpan dalam tampilan multitrack dalam bentuk session (.ses). Bentuk tampilan Multitrack View Screen di lihat pada gambar berikut.

Fungsi secara umum dari bagian yang ada pada Cool Edit Pro’s Multitrack View Screen adalah sebagai berikut. 

  1. Menu bar, berisi menu-menu utama dari Cool Edit Pro 2.0 
  2. Toolbars, merupakan kumpulan tombol fungsi kerja dari menu yang dapat diakses untuk mempercepat kerja. Sebagian fungsi kerja dari menu yang sering dipakai dalam suatu pekerjaan ditampilkan pada toolbars ini, seperti fungsi delet, cut, save, new file, undo, group, mixdown, dan lain-lain. 
  3. Horizontal portion bar, terletak di atas tampilan session dan berfungsi untuk menggulung session dari depan belakang, begitu pula sebaliknya. Caranya klik kiri dan tahan pada horizontal prtion bar. Horizontal portion bar dapat pula diglunakan untuk memperbesar atau pemperkecil tampilan session, dengan cara klik kanan pada horizontal portion bar. 
  4. Vertikal ruler, terletak di ujung kanan tampilan session. Dengan klik kiri dan tahan pada vertical ruler berfungsi untuk munggulung track session. Dengan klik kanan pada vertical ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan track session. 
  5. Horizontal ruler, terletak di bawah sepanjang tanpilan session dan berfungsi sebagai garis waktu dari session. Dengan klik kiri dan tahan pada horizontal ruler berfungsi untuk menggulung tampilan session ke depan maupun ke belakang. Dengan kilk kanan dan tahan pada ruler berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil session secara horizontal. 
  6. Time display, untuk menunjukan durasi waktu pada saat proses recording maupun playing suatu track atau session. 
  7. Organizer window, merupakan jendela pegangan yang memudahkan dalam pemilihan file maupun efek yang dibuka maupun ditutup. Untuk menampilkan maupun menutup organizer window dapat dilakukan dengan cara memilih menu view > show organizer window, atau dengan menekan alt + 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarmu agar blog Arsip Ijhall37 dapat lebih baik lagi dan lebih bersemagat dalam berbagi wawasan , namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam....